TENTANG STARBUCKS INDONESIA

PT Sari Coffee Indonesia (Starbucks Coffee Indonesia) terwujud melalui hubungan antara Starbucks Coffee Company dan PT Mitra Adiperkasa Tbk, salah satu perusahaan department store dan barang bermerek ternama di Tanah Air. PT Sari Coffee Indonesia juga merupakan satu-satunya perusahaan yang memiliki izin eksklusif untuk mendirikan dan mengoperasikan Starbucks di Indonesia.  

Starbucks Coffee Indonesia membuka gerai pertamanya di Plaza Indonesia pada tanggal 17 Mei 2002. Jaringan Starbucks Coffee Indonesia telah berkembang di lebih dari 500 gerai di 59 kota besar di Indonesia pada akhir tahun 2023. Diakui sebagai pemanggang dan pengecer utama specialty coffee di dunia, dan tolak ukur industri di Indonesia, Starbucks berupaya untuk menghadirkan warisan dan pengalaman luar biasa dalam setiap cangkirnya. Di Indonesia, semua makanan dan minuman yang dijual di gerai kami bersertifikat Halal oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). 

K O P I  K A M I
Kami selalu percaya dalam menyajikan kopi terbaik. Tujuan kami adalah agar semua kopi kami ditanam dengan standar kualitas tertinggi, berdasarkan praktik pengadaan yang etis. Pembeli kopi kami secara langsung melakukan perjalanan ke perkebunan kopi di Amerika Latin, Afrika, dan Asia untuk memilih biji Arabika berkualitas tinggi. Dan master roasters kami menghadirkan keseimbangan dan kekayaan rasa dan aroma biji kopi khas Starbucks® Roast.

Pada tanggal 22 Januari 2022, Starbucks Indonesia membuka Coffee Experience Center pertamanya di kompleks Starbucks Reserve Dewata di Bali dan untuk pertama kalinya memanggang biji kopi utuh asal Aceh, dilanjutkan dengan biji kopi utuh Bali Batur Volcano pada tahun 2023, dan telah menghasilkan 10-12 ton biji kopi sangrai per tahun.

G E R A I  K A M I
Gerai kami adalah tempat untuk berkumpul dan bertemu teman dan keluarga. Pelanggan kami menikmati layanan berkualitas, suasana yang nyaman, dan minuman yang luar biasa di gerai kami dan Starbucks Reserve® yang terdapat di 9 kota di Indonesia: Bali, Bandung, Bogor, Depok, Jakarta, Medan, Surabaya, Tangerang dan Yogyakarta.

500+ TOKO DI 50+ KOTA INDONESIA

Bali, Balikpapan, Bandung, Banjarbaru, Banjarmasin, Banten, Batam, Batang, Bekasi, Bengkulu, Binjai, Bitung, Bogor, Brebes, Cianjur, Cilegon, Cimahi, Cirebon, Depok, Dumai, Garut, Gowa, Jakarta, Jambi, Jember, Karawang, Kediri, Kudus, Labuan Bajo, Lampung, Lombok, Madiun, Magelang, Makassar, Malang, Manado, Medan, Mojokerto, Padang, Palangka Raya, Palembang, Papua, Pekanbaru, Pematang Siantar, Pontianak, Purwakarta, Purwokerto, Salatiga, Samarinda ,Semarang, Sidoarjo, Solo, Sukabumi, Sumedang, Surabaya, Tangerang, Tasikmalaya, Tegal, Yogyakarta.

P A R T N E R  K A M I
Karyawan kami, yang kami sebut partners, adalah bagian terpenting dari Pengalaman Starbucks atau Starbucks Experience. Per Desember 2023, PT Sari Coffee Indonesia memiliki lebih dari 5.000 partner yang tersebar di seluruh Indonesia – mulai dari Medan hingga Papua, mencakup lebih dari 2.000 partner paruh waktu yang sebagian besar adalah pelajar dan lulusan baru.

Kami menawarkan jaminan kesehatan komprehensif bagi partner penuh dan paruh waktu yang memenuhi syarat; dana pensiun; pilihan minuman gratis setiap hari; insentif bulanan berdasarkan kinerja; dan kesempatan bagi partner Indonesia yang memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa melalui Starbucks College Achievement Plan.

P E T A N I  K A M I
Perjalanan yang ditempuh biji kopi dari kebun hingga ke dalam sebuah cangkir merupakan perjalanan yang menantang. Biasanya dimulai jauh di perbukitan Coffee Belt, sebuah jalur yang melingkari bagian tengah bumi antara Tropics of Cancer and Capricorn, wadah demi wadah biji kopi dipetik dan diproses sebelum menyusuri jalan berkelok-kelok menuju kapal kargo yang akan menuju pabrik roasting dan kafe di seluruh dunia.

Untuk mendapatkan biji kopi terbaik, pembeli atau buyer dari Starbucks telah melakukan perjalanan ke sumbernya sejak gerai pertama dibuka pada tahun 1971. Mereka melakukan perjalanan ke perkebunan yang tersebar jauh di Amerika Latin, Asia dan Afrika Timur, meluangkan waktu untuk mengenal para petani dan komunitas mereka di perjalanan.

Ketika Starbucks meluncurkan program sumber daya berkelanjutan C.A.F.E. Practices pada tahun 2004, perusahaan menyadari bahwa membangun hubungan personal sangat penting bagi keberhasilan program tersebut. Mereka membuka Farmer Support Center (FSC) pertamanya pada tahun yang sama di San José, Kosta Rika, dan mempekerjakan tim ahli agronomi untuk melibatkan petani dalam program ini. Farmer Support Center di Indonesia dibangun pada tahun 2015 di Berastagi dan telah mendukung lebih dari 72.000 petani kopi di Tanah Air.

Untuk info lebih lanjut tentang FSC, klik DI SINI.

I N F O R M A S I  I N V E S T O R
PT Sari Coffee Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. Semua informasi keuangan dan investor dapat dilihat secara publik di https://www.mbai.co.id/en/investors/.

 
MILESTONE
2002
Starbucks membuka toko pertamanya di Plaza Indonesia, Jakarta. Toko pertama di Surabaya juga dibuka di Tunjungan Plaza 4.
2003
Starbucks membuka gerai bandara pertama di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng dan gerai pertama di Bali di Hard Rock Hotel Bali.
2004
Starbucks membuka toko 24 jam pertamanya di Gedung Skyline Thamrin. Sebagai bagian dari komitmennya untuk terus berinovasi, Starbucks untuk pertama kalinya memperkenalkan WiFi di tokonya. Starbucks juga membuka toko pertamanya di Sumatra di Sun Plaza Medan dan menyelenggarakan Kompetisi Duta Kopi yang pertama.
2005
Starbucks membuka toko drive-thru pertamanya di Asia Tenggara di KM 19 Cikampek
2006
Starbucks menyelenggarakan Kompetisi Duta Kopi ke-2 dan membuka gerainya di Margo City Depok dan Botani Square Bogor
2007
Starbucks membuka toko keempatnya di Surabaya yaitu di Tunjungan Plaza 3 dan toko keempat di Bandung di Mal Paris van Java Mal. Toko pertama di Yogyakarta juga dibuka di Ambarukmo Plaza. Layanan drive thru kedua dibuka di KM 13,5, Serpong.
2009 
Starbucks membuka gerai Terminal 3 – Bandara Soekarno Hatta dan gerai pertama di Balikpapan.
2010 
Starbucks membuka gerainya di Bandara Internasional Juanda, Surabaya dan menambah satu kota lagi yaitu Semarang. Starbucks membuka tokonya yang ke-90 di Sogo Central Park. 
2011 
Starbucks membuka gerai drive-thru kelima di Rest Area KM 97. Batam menjadi kota ke-9 bagi Starbucks dengan gerai berlokasi di Mega Mall Batam dan kemudian disusul Makassar sebagai kota ke-10 dengan gerai pertama berlokasi di Mall Ratu Indah. Starbucks membuka gerai ke-100 di Universitas Indonesia dan membuka gerai ke-111 pada 11-11-11 di UOB Plaza, Jakarta
2012 
Starbucks memasuki kota ke 11 dengan dibukanya Starbucks Solo Paragon di Solo dan kemudian disusul kota ke 12 dengan toko pertama di palembang di Palembang indah mall
2014
Starbucks membuka toko Reserve pertama kami di pasar di Grand Indonesia, memasuki Cirebon untuk pertama kalinya dan merayakan toko ke-200 di Starbucks Lotte Shopping Avenue.
2015
Ini adalah tahun yang sibuk bagi Starbucks di Indonesia karena kami pertama kali memperluas kehadiran kami di Samarinda, Lampung, Manado, Pekanbaru dan Lombok.
2016
Starbucks membuka toko pertamanya di Malang di Malang City Point dan Pontianak di Starbucks Ayani Megamall Pontianak.
2017
Kami memasuki langkah pertama kami di Jambi di Starbucks WTC Batanghari Mall Jambi dan Banjarmasin di Starbucks Duta Mall Banjarmasin, sekaligus merayakan toko kami yang ke 300 di Keberangkatan Domestik Bandara Starbucks Bali.
2018
Starbucks membuka gerai pertamanya di Cilegon dan meluncurkan gelas dan tutup plastik rPET untuk pertama kalinya di Bali melalui Program Starbucks Greener Nusantara.
2019
Starbucks mendirikan coffee sanctuary pertamanya di Starbucks Reserve Dewata Bali pada tanggal 13 Januari, dilanjutkan dengan merayakan tokonya yang ke-400 di pasar di Starbucks MRT Bundaran HI dan sekaligus membuka toko pertamanya di Labuan Bajo.
2020 
Pada tanggal 21 Februari Starbucks akhirnya membuka Community Store pertamanya di kawasan Tanah Abang, dengan tujuan untuk membantu masyarakat di kawasan yang menantang tersebut.
2021 
Social Bakers mengungkapkan data akun Instagram merek makanan ritel dan Starbucks Indonesia berada di posisi ke-6 dunia. Pada tahun yang sama, kami juga membuka toko pertama kami di Binjai di Starbucks Soekarno Hatta Binjai. 
2022 
Starbucks di Indonesia tidak berhenti dan terus mengembangkan eksistensinya hingga membuka gerai pertamanya di beberapa kota baru antara lain Purwakarta, Sukabumi, Tasikmalaya, Madiun, Kediri, Cimahi, Serang, Banjarbaru, Brebes, Jember, Cianjur, Magelang dan Tegal, termasuk berekspansi untuk pertama kalinya ke wilayah timur jauh di Papua dengan membuka toko pertama kami di Starbucks Mall Jayapura. Tahun ini, kami juga membuka Coffee Experience Center pertama kami di kompleks Starbucks Reserve Dewata, serta merayakan Drive-Thru Store ke-50 di Starbucks DT Graha Raya Bintaro dan store ke-500 di Starbucks DT Gatsu Mundutaki Bali. Tahun ini kami juga mendapatkan Top Brand Award 2022 untuk kategori Coffee Brand dan menerima 5 Marketing Excellence Award 2022: GOLD for Excellence in Corporate Social Responsibility untuk kampanye Starbucks X Kreaby, GOLD for Excellence in Experiential Marketing untuk kampanye CFMZ, BRONZE untuk Excellence in Experiential Marketing untuk Kampanye SIWS, SILVER untuk Keunggulan dalam Pemasaran Media Sosial untuk Kampanye CFMZ dan PERUNGGU untuk Keunggulan dalam Pemasaran Viral untuk Kampanye CFMZ. Selain itu, Starbucks Indonesia juga menerima Global Brand Awards 2022 untuk “Merek Kopi Multinasional Terkemuka” di Indonesia. Kami menutup tahun ini dengan membuka Signing Store pertama kami di Starbucks Community Store Tata Puri – sebuah toko khusus yang didedikasikan untuk orang-orang yang bersatu dalam Bahasa Isyarat.
2023
2023 Starbucks membuka toko pertamanya di Pematang Siantar, Palangka Raya, Batang, Sumedang, Garut, Kudus, Salatiga, Mojokerto, Padang, Gowa, Dumai, Bitung dan Purwokerto tahun ini. Pada tahun yang sama, kami juga merayakan 20th Reserve Store di Indonesia dan membuka toko pertama kami di stasiun kereta cepat. Kami juga meraih Best Loyalty Engagement Award 2023, mendapatkan Recognitions for Growth in 2nd/3rd Tier Cities, Recognitions for Renovation Award: Grand Indonesia Reserve, Recognitions for Pioneering Spirit Award: Indonesia SD Team dan Recognitions for Market Teamwork Award: Indonesia SD Team dari The Asia Pacific Regional Forum 2023, serta Retail F&B of the Year dari Hari Retail Modern Indonesia (HARMONI) Award 2023 oleh HIPPINDO dan Longlife Achievement for Food Services & Beverage dari LPPOM MUI Halal Awards 2023.
2024
Kami membuka Greener Store bersertifikat pertama kami di Starbucks Adhyaksa.


D A M P A K L I N G K U N G A N D A N S O S I A L K A M I

Sepanjang sejarah Starbucks, kami berupaya menjadi perusahaan yang berbeda. Didorong oleh tujuan untuk menciptakan dampak positif dan kami berusaha untuk memimpin dengan memberi contoh.

Peduli terhadap Komunitas dan Bumi Kita

Kami percaya bahwa tanggung jawab kami adalah membangun masa depan yang lebih berkelanjutan, adil, dan tangguh bagi kopi, komunitas, dan planet kita. Kami berupaya menciptakan masa depan yang kami impikan melalui sudut pandang kemanusiaan, dengan komitmen mendalam terhadap hak asasi manusia global, sumber daya yang bertanggung jawab dan beretika, kepemimpinan komunitas dari partner kami, dan fokus untuk memberi lebih dari yang kami ambil dari planet ini.

  1. Inisiatif Greener Nusantara. Untuk mengurangi sampah di seluruh Indonesia, Starbucks meluncurkan beberapa program, seperti menghilangkan lebih dari 30 juta sedotan melalui pengenalan tutup tanpa sedotan pada tahun 2020, transisi ke gelas yang terbuat dari rPET (recycled polyethylene terephthalate) untuk minuman dingin pada tahun 2021, dan program bulanan Bring Your Own Tumber di semua gerai di Indonesia.
  2. Pada tahun 2020, Starbucks membuka Community Store pertamanya di Indonesia. Dua gerai komunitas di Tanah Abang dan Tata Puri yang dirancang untuk mencerminkan dan merangkul budaya individu, karakter dan kebutuhan masing-masing lingkungan tersebut - bekerja sama dengan organisasi yang memiliki rekam jejak positif dalam menciptakan kemajuan bagi masyarakat yang kurang beruntung.
  3. Terverifikasi satu Greener Store, di Jalan Adhyaksa, Jakarta Selatan pada tahun 2023 yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon, penggunaan air, dan limbah TPA.
  4. Donasi bibit pohon kopi. Sejak tahun 2017 Starbucks Indonesia telah menunjukkan janjinya kepada para petani kopi dengan menyumbangkan lebih dari setengah juta bibit pohon kopi yang telah didistribusikan ke area Sumatra dan Jawa Barat.
  5. Kami telah membangun 17 lokasi AquaTower dari Deli Serdang Sumatra Utara hingga Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tujuannya adalah untuk memberikan akses air bersih kepada masyarakat. Sekitar lebih dari 30.000 orang mendapat manfaat dari AquaTower ini.
  6. Melaksanakan proyek WASH (untuk sanitasi & akses pada air bersih) untuk meningkatkan kesejahteraan, status kesehatan, dan ketahanan komunitas lokal di Jawa Barat, melalui peningkatan bangunan perumahan dan WASH (wáter-air, sanitation-Sanitasi, dan higiene-kebersihan) rumah tangga yang aman dan layak. Bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia, partner Starbucks Indonesia telah membangun dua rumah baru yang aman dan layak serta 29 jamban/toilet yang berfungsi baik.
  7. Program Pemberdayaan Pemuda untuk mempersiapkan generasi muda menjadi individu yang bertanggung jawab dan giat yang akan menjadi wirausahawan atau pemikir wirausaha dan menjadi wirausahawan petani yang percaya diri, tangguh, dan terampil melalui partisipasi dalam kurikulum pertanian terpadu dan program penjangkauan.
  8. Pada akhir tahun 2022, kami memulai program Starbucks Books For the Future (Starbucks BFF) dan berhasil mengumpulkan lebih dari 14.000 buku dan mengkurasi lebih dari 10.000 buku untuk disumbangkan ke Yayasan ISCO (Indonesia Street Children Organization) dan Yayasan Sahabat Anak.